Pasar Murah Digelar Besok – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Pasar Murah Digelar Besok

Net/Ilustrasi

KOLAKA POS, KOLAKA – Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Kolaka, bakal menggelar Operasi Pasar Murah (OPM) bersubsidi di lima kecamatan yang ada di Kolaka mulai besok (15/6).
Kegiatan operasi pasar ini untuk meringankan beban masyarakat kurang mampu menghadapi lonjakan harga kebutuhan pokok selama Ramadan dan menjelang Lebaran.
Kadis Koperindag Kolaka Asmani Arif mengatakan, operasi pasar ini khusus untuk warga prasejahtera di Kota Kolaka.
Dalam operasi pasar yang digelar, harga satu paket yang dijual seharga Rp50 ribu, dengan isi 1 kg tepung terigu, 1kg gula pasir, 1 liter minyak goreng, teh celup 1 dos, 1 botol sirop. Kalau untuk telur ayam 1 rak dengan 30 biji harganya Rp35 ribu. Kalau di pasaran satu paket harganya Rp80 ribuan, sedangkan telur ayam di pasar harganya Rp45 per rak namun dalam operasi pasar hanya menjual Rp35 ribu. “Jadwal pasar murah bersubsidi yang diadakan pemerintah kabupaten Kolaka mulai 15 Juni 2016 di kecamatan Watubangga desa Peoho, kemudian di Wolo, Kecamatan Pomalaa, kecamatam Baula dan kecamatan kolaka,” ujarnya.
Asmani juga menjelaskan, operasi pasar murah digelar untuk mengantisipasi kenaikan harga bahan pokok. Diharapkan operasi pasar murah dapat membantu masyarakat membeli kebutuhan bahan pokok dengan harga terjangkau. Untuk kupon yang akan dibagikan setiap kecamatan itu berjumlah 1.200 lembar, untuk masyarakat prasejahtera dan tidak mampu. “Sebenarnya kalau kupon hanya 1.200 lembar di kecamatan itu masih kurang, sedangkan tahun 2015 lalu yang 2.000 kupon saja masih kurang,” terangnya.
Asmani mengatakan, anggaran yang digunakan untuk operasi pasar tahun ini hanya Rp120 juta, sedangkan jika untuk memenuhi kebutuhan operasi pasar di 12 kecamatan, Perindag membutuhkan Rp400 juta. “Kami membagi sesuai dengan anggaran yang ada. Kami mengharapkan dengan operasi pasar ini, masyarakat bisa terbantu dalam pemenuhan kebutuhan saat ramadhan,” tambahnya. (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top