Antisipasi Bencana, Polres Kolaka Gelar Rakor – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Antisipasi Bencana, Polres Kolaka Gelar Rakor

Rakor pencegahan dan penanggulangan bencana, di wilayah hukum Polres Kolaka, Senin (13/6).FOTO : Muzakkir/Kolaka Pos

KOLAKA POS, KOLAKA – Polres Kolaka menggelar Rapat Koordinasi (Rakor), dengan Pemda Kolaka dan Kolaka Timur (Koltim), terkait pencegahan dan penanggulangan bencana, di wilayah hukum Polres Kolaka, Senin (13/6).

Rakor yang dipimpin oleh Kapolres Kolaka AKBP Darmawan Affandy, dihadiri oleh pejabat teras Polres Kolaka, Kadis Sosial, BPBD Kolaka dan Koltim, para Asisten, Basarnas, ASDP, sementara bupati dan Dandim 1412 Kolaka masing-masing diwakili.

Menurut Darmawan, Rakor yang dilaksanakan untuk mengantisipasi dan mencegah agar tidak terjadi bencana, secara nasional maupun regional di wilayah hukum Polres Kolaka.

”Kami akan terus melakukan Rakor secara parodik tiga bulan sekali, akan melakukan pertemuan dengan instansi terkait, terkait penanggulangan dan pencegahan,” ungkapnya yang ditemui di aula Polres Kolaka usai pertemuan.

Intinya kata mantan Kapolres Kolut tersebut, pihaknya bersama jajaran Pemda Kolaka dan Kolut, bisa secara sigap dan cepat mengantisipasi dan mencegah, setiap bencana yang berpotensi terjadi secara nasional dan regional di wilayah hukum Polres Kolaka.

”Setiap Polsek kita telah melakukan pemetaan dan pendataan, lokasi potensi terjadinya bencana berupa banjir, tanah longsor, puting beliung dan gempa,” ujarnya.

Dia juga berharap, pihaknya bersama jajaran Pemda Kolaka dan Koltim, tidak terjadi kecelakaan fatal akibat kelalaian atau kelebihan muatan, pada setiap moda transportasi laut, udara dan darat.

”Setiap Pemda berkoordinasi dan bertindak sesuai dengan porsi masing-masing. Apabila ada pemberitahuan dari BMKG soal cuaca pelayaran dan penerbangan, sebisanya BMKG kita jadikan acuan dalam menjalankan transportasi massal tersebut. Kita sampaikan kepada pelaksana pelayaran dan penerbangan untuk berhati-hati atau menunda keberangkatan,” tandasnya. (cr1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top