Perbarui Kajian Akademik, Pemekaran Lamooso Diusul Ulang – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Perbarui Kajian Akademik, Pemekaran Lamooso Diusul Ulang

KOLAKA POS, ANDDOLO – Rencana Badan Legislasi Daerah (Balegda) DPRD Konawe Selatan (Konsel), untuk memekarkan kecamatan Angata yang memiliki 25 desa menjadi kecamatan baru yakni Kecamatan Lamooso dengan 11 desa, ternyata merupakan pekerjaan DPRD periode 2009-2014 yang belum terselesaikan. Hal itu diungkapkan langsung oleh Ketua Balegda Legislatif Konsel Samsu.
Menurut Samsu, hal tersebut telah dibahas bersamaan dengan pemekaran tiga kecamatan lainnya, yakni kecamatan Andoolo Barat, Sabulakoa dan Kolono Timur.
“Jika dilihat secara faktual dengan membandingkan tiga kecamatan tersebut, Lamooso sudah memenuhi persyaratan. Meski pada kajian akademik memang masih terdapat kekurangan, terkait administratif kewilayahan,” jelasnya.
Saat ini pihak Balegda Konsel, telah melakukan koordinasi dengan Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari. Untuk melakukan kajian akademik lanjutan untuk melihat kembali persyaratan apa yang belum terpenuhi.
“Bisa jadi pada saat itu ada hal-hal yang belum memenuhi, tetapi saat ini sudah memenuhi persyaratan tersebut, sehingga akan kita usulkan kembali agar segera dimekarkan,” ungkapnya.
Dalam pemekaran tersebut, lanjut dia, yang perlu diperhatikan adalah lokasi pembangunan kantor kecamatan. Sebab, setelah ditetapkan dasar hukumnya maka penempatan kedudukan kantor tersebut tidak lagi menjadi polemik.
“Kemudian kita juga harus melihat dengan jeli, apakah proses pemekaran itu betul-betul keinginan masyarakat. Jangan sampai didalamnya hanya keinginan oknum tertentu, untuk mencapai tujuannya,” tegasnya. (k5)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top