Harga Buah Naik – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Harga Buah Naik

KOLAKA POS, KOLAKA – Ramadhan ini, harga buah-buahan di Pasar Raya Mekongga (PRM) mengalami kenaikan. Salah seorang pedagang buah, Pahira mengatakan harga buah melonjak dari bulan yang lalu. Seperti semangka saat ini Rp25 ribu perbuah padahal harga sebelumnya hanya Rp15 ribu perbuahnya.

“Selain itu, harga buah melon dan apel juga mengalami kenaikan, sebelumnya Rp10 ribu perbuah, kini naik menjadi Rp15 ribu perbuah. Sedangkan harga apel yang sebelumnya Rp40 ribu perkilonya kini kami jual Rp50 ribu perkilo. Bahkan apel yang hijau, dari harga sebelumnya Rp45 ribu perkilo kini naik menjadi Rp60 ribu perkilonya,” ungkapnya

Pahira menjelaskan kenaikan harga tersebut terjadi karena kurangnya pasokan serta faktor cuaca. “Karena ini sudah pekerjaan kami menjual buah sehari-hari, walaupun harganya kini melonjak kami tetap menjual. Walaupun hanya untung sedikit yang penting lancar,” jelasnya.

Dengan kenaikan harga buah yang sangat melonjak, saat ini pedagang buah tidak berani ambil stok yang banyak. Pahira mengatakan, selama harga buah naik pendapatan berkurang karena konsumen hanya membeli sedikit saja tidak seperti dulu lagi. “Dulu penjualan kami lancar, selama naik harganya konsumen tidak lagi membeli banyak. Sehingga kami tidak berani ambil stok yang banyak takutnya buah tersimpan lama bisa saja busuk bahkan kami bisa mengalami kerugian,” tandasnya. (p3)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top