2016, Kolaka Dapat Cetak Sawah 500 Hektar – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

2016, Kolaka Dapat Cetak Sawah 500 Hektar

KOLAKA POS, KOLAKA – Pemerintah kabupaten Kolaka kembali mendapatkan bantuan percetakan sawah. Tahun 2015 lalu Kolaka mendapatkan 1000 hektar tahun ini hanya 500 hektar.Bantuan yang bersumber dari dana Anggaran Pendalatan Belaja Negara (APBN) yang akan ditangani oleh TNI.

Kepala Dinas Pertanian, Holtikultura dan Peternakan Kolaka H.Muh.Azikin mengatakan percetakan sawah tahun 2016 ini lebih sedikit dibandingkan dengan tahun 2015. Kemungkinan karena pengurangan anggaran. Percetakan sawah baru tersebut nantinya akan di kerjasamakan oleh TNI.”Kalau kami dinas pertanian tidak menangani itu, semuanya yang kerja adalah teman dari TNI. Dinas pertanian hanya menyiapkan lahan dan petani saja,” ujar Azikin.

Masyarakat yang akan mendapatkan bantuan percetakan sawah tersebar mulai dari kecamatan Toari hingga Wolo, nantinya dinas pertanian akan melakukan survei calon penerima calon lahan (CPCL). Pasalnya ada beberapa syarat jika lahannya ingin dibuatkan sawah. “Syaratnya diantaranya pasti lahan itu harus steril dari sengketa dan bebas kawasan hutan dan insyaalah kalau 500 helktar sawah mau di cetak kolaka masih mempunyai lahan steril,” katanya

Azikin menambahkan informasi dari satuan kerja di dinas provinsi proses percetakan 500 hektar sawah di Kolaka masih melakukan desain. TNI bekerja sama dengan Universitas Haluoleo Kendari untuk desainya. “Kalau kami hanya menyiapkan lahan saja. Masyarakat yang nantinya mendapat bantuan percetakan sawah juga akan diberikan bibit padi,pupuk dan beberapa unit alat mesin pertanian yang akan di gunakan dalam satu kelompok.
Harapan dinas pertanian Kolaka adalah tidak adanya lahan tidur di kolaka, dan itu adalah salah satu tujuan percetakan sawah di Kolaka,” tambahnya (hud/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top