PT. Mapan Pekerjakan Puluhan WNA asal China – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

PT. Mapan Pekerjakan Puluhan WNA asal China

Tim koordinasi pemantau orang asing kabupaten Kolaka saat bertemu Tenaga Teknis PT. Mapan Asri Sejahtera Sul Fahmi.FOTO : Muzakkir/Kolaka Pos

KOLAKA POS, KOLAKA – Tim koordinasi pemantau orang asing kabupaten Kolaka, yang terdiri dari Kesbangpol, Kejaksaan, TNI, Polri, Disnakertrans, Disbudpar dan Dikmudora, mengendus adanya puluhan Warga Negara Asing (WNA) asal China, yang dipekerjakan oleh PT. Mapan Asri Sejahtera, yang tidak dilaporkan oleh pemerintah daerah, melalui tim koordinasi tersebut.

Olehnya itu, tim koordinasi pemantau orang asing kabupaten Kolaka, mendatangi Base Cam perusahaan yang bergerak di bidang industri logam dasar bukan besi, yang terletak di desa Sopura kecamatan Pomalaa, Kamis (9/6).

Kabid Kesatuan Bangsa Kesbangpol kabupaten Kolaka Teguh Budi Raharjo mengatakan, pendataan WNA di Kolaka
terkait dengan tugas pokok dan fungsi, tim koordinasi pemantau orang asing kabupaten kolaka. ”Tim ini di SK kan oleh bupati Kolaka, dan juga berdasarkan Permendagri nomor 49 tahun 2010, makanya kita turun menindak lanjuti ketika ada laporan yang masuk dan mengkroscek di lapangan,” ungkapnya.

Namun kata dia, hasil yang ditemukan di PT. Mapan, puluhan WNA asal China yang dipekerjakan dilengkapi dokumen. ”Ternyata memang dokumen yang mereka miliki cukup lengkap, jadi kami tinggal menunggu laporan secara resmi, dari perusahaan kepada kami (Kesbagpol), selaku perwakilan tim koordinasi pemantau org asing kabupaten Kolaka,” ujarnya.

Sementara lanjut Teguh, untuk informasi jumlah WNA yang dipekerjakan, sekitar 22 orang. ”Yang ada di sini baru 22 orang, tapi direncanakan akan datang 28 orang. Enam sisanya sementara pengurusan di keimigrasian dokumennya,” tandasnya. (cr1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top