Harga Bawang Merah Turun, Harga Sayuran Naik – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Harga Bawang Merah Turun, Harga Sayuran Naik

Net/Ilustrasi

KOLAKA POS, KOLAKA – Setelah harga bawang mengalami penurunan, kini harga sayuran di Pasar Raya Mekongga (PRM) yang naik. Salah satu pedagang sembako menjelaskan, harga bawang merah menjelang ramadhan ini sudah mengalami penurunan, namun harga sembako semakin tinggi. “Pekan lalu harga bawang merah Rp45 ribu perkilo kini turun menjadi Rp38 ribu perkilonya. Sementara harga bawang putih naik dari Rp38 ribu perkilo menjadi Rp40 ribu perkilonya,” ungkap Yunus saat ditemui di PRM.

Ia menambahkan, penurunan harga bawang merah saat ini karena musim panen sedangkan kenaikan harga sembako karena terbatasnya pasokan dan meningkatnya permintaan konsumen. “Seperti tahun yang lalu, setiap bulan ramadhan harga sembako pasti naik. Karena otomatis permintaan konsumen semakin banyak namun pasokan yang masuk sangat terbatas. Walaupun kita tetap mau pertahankan harganya namun harga dari produksi juga naik jadi kita juga naikkan harganya,” jelasnya.

Sementara itu, kenaikan juga terjadi pada wortel dan kentangi. “Harga wortel dan kentang saat ini kami jual Rp18 ribu perkilonya, harga sebelumnya sekitar Rp12 ribu perkilo,” tuturnya.

Selain itu, kenaikan juga terjadi pada kol dan kacang tanah. Kenaikan harga kol dan kacang tanah sangat meroket. “Minggu lalu harga kol Rp10 ribu perkilo, kini naik menjadi Rp15 ribu perkilonya. Sedangkan kacang tanah kini dijual Rp26 ribu perkilo dimana harga sebelumnya hanya Rp20 ribu perkilonya. Walaupun naik semua harganya, konsumen tetap beli karena sudah kebutuhan,” tandasnya. (p3)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top