Kantor Pembangunan Muna Nyaris Terbakar – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Kantor Pembangunan Muna Nyaris Terbakar

Mobil Damkar bersiaga di kantor Pembangunan Muna Pasca insiden timbulnya asap tebal.FOTO : Ahmad/Kolaka Pos

KOLAKA POS, RAHA – Kantor Pembangunan Kabupaten Muna nyaris terbakar akibat tegangan arus pendek listrik yang terletak di plafon atap dekat pintu masuk kantor. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 11.00 Wita, Rabu, (8/6).

Kejadian tersebut sempat membuat gempar para pegawai yang bekerja di kantor Pembangunan dan Kantor Bupati Muna. Karena lokasi kantor Pembangunan itu berhimpitan dengan kantor Bupati Muna.

Kabag Pembangunan Kabupaten Muna Muhammad Said memaparkan saat kejadian, dirinya masih berada di dalam kantor. Namun setelah ia mendengar teriakan dari pegawai yang bekerja di tempat itu, dirinya segera berlari keluar dari kantor tersebut.

“Saya masih di dalam kantor. Tiba-tiba ada teriakan, katanya ada asap. Lalu saya keluar dan ternyata memang ada asap di atas itu,” ucap Said sembari menunjuk kearah plavon atap kantor Pembangunan Kabupaten Muna.

Melihat kejadian itu, Said langsung mengintruksikan beberapa orang pegawai untuk segera memutus arus listrik, agar tidak terjadi percikan api yang lebih besar.
“Setelah kita matikan lampu, dengan menurunkan spaning, lambat laun asapnya berkurang,” katannya.

Ditempat yang sama, Kapolsek Katobu AKP Ogen Sairi mengatakan bahwa timbulnya percikan api lantaran kabel yang tidak dapat menahan daya listrik. Sebab, saat timbulnya percikan api yang disertai asap itu, dikantor tersebut sedang berlangsung pengerjaan pemasangan Aluminium Compasite Panel (ACP) atau yang biasa disebut Alucopan.

Olehnya itu, Kapolsek Katobu yang akrab disapa Ogen itu langsung mengintruksikan seluruh pekerja Alucopan agar menghentikan pekerjaan mereka untuk sementara waktu. “Untuk mengatisipasi agar tidak terjadi sesuatu, semua pekerjaan di hentikan sementara. Tunggu PLN datang dan memeriksa. Kalau sudah Clear, baru lanjutkan pekerjaan,” ujarnya.

Berdasarkan pantauan Kolaka Pos, Beruntung, kejadian itu tak berlangsung lama, sebab petugas PLN Rayon Muna langsung memutus kabel yang hangus terbakar yang melintasi jaringan listrik di areal tersebut.

Selain itu, untuk mengantisipasi kebaran yang ditimbulkan oleh arus pendek tersebut, Pemda Muna langsung menyiagakan tiga unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) di areal kantor Bupati Muna. (m1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top