Jatah Bantuan Sapi Kolaka Berkurang – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Jatah Bantuan Sapi Kolaka Berkurang

KOLAKA POS, KOLAKA – Bantuan sapi Australia jenis Brahman Cros yang dijanjikan Pemerintah pusat melalui APBN tahun 2016 sebanyak 650 ekor telah dikurangi. Kini Kolaka hanya akan mendapat bantuan sebanyak 400 ekor sapi.

Kepala Dinas Pertanian, Hortikultura dan Peternakan, H. Muh. Azikin mengatakan, pengurangan tersebut dilakukan oleh pemerintah pusat dengan alasan untuk penghematan anggaran. “Jumlah sapi yang diterima awalnya 650 ekor, tapi setelah itu berkurang akhirnya menjadi 525 ekor lagi. Belakangan akan ada lagi pengurangan sekitar 15 persen. Sehingga yang akan dimasuk di Kolaka itu hanya sekitar 400 ekor. Kalau anggarannya saya tidak tahu persis, karena ini bantuan dari pusat dalam bentuk jadi,” tambahnya.

Bantuan sapi tersebut diperkirakan masuk ke Kolaka pada Juli mendatang. Adapun kewajiban kelompok yang akan menerima harus mempunyai kandang dan lahan pakan untuk pekan sapi Brahman Cros. “Karena itu, kelompok yang nantinya akan mendapatkan bantuan sapi tersebut adalah kelompok yang memenuhi syarat yaitu menyiapkan kandang serta makanan, Kalau tidak ada maka dinas pertanian tidak akan memberikan ternak tersebut. Sapi ini sapi rakus makan jangan sampai tidak ada pakan maka sapi ini akaa mati. Kalau maiti maka kita yang rugi,”tambahnya

Bantuan pengadaan sapi kali ini berbeda dengan bantuan sebelumnya. Dimana kelompok yang mendapatkan bantuan tersebut tidak boleh menjual sapinya sebelum tiga tahun dan telah menghasilkan keturunan. Jika ketahuan, maka kelompok yang tidak mematuhi kesepakatan itu akan mendapatkan sanksi. “Kalau bantuan sebelumnya, kelompok yang mendapatkan bantuan tersebut tidak mendapatkan sanksi jika ia menjual sapinya. Tapi, untuk bantuan kali ini, jika ada kelompok yang ketahuan menjual sapinya sebelum tiga tahun dan belum menghasilkan keturunan, maka sapinya itu akan ditarik. peternak juga di wajibkan untuk mengembaliman satu ekor kepemerintah Kolaka, yang nantinya akan di serahkan kekelompok lain yang belum mendapatkan,” tandasnya. (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top