Cegah PTM, Dinkes Gencar Penyuluhan Kesehatan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Cegah PTM, Dinkes Gencar Penyuluhan Kesehatan

KOLAKA POS, KOLAKA – Penyakit Tidak Menular (PTM) merupakan penyakit yang perlu diwaspadai. Untuk itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) tidak henti-hentinya melakukan penyuluhan. Kepala Bidang Promosi Kesehatan Dinkes Kolaka, Asmaria mengatakan, Dinkes semakin gencar mempromosikan prilaku hidup bersih dan sehat, agar dapat mencegah penyakit tidak menular salah satunya stroke.

“Promosi ini dikenal dengan singkatan CERDIK yakni cek kondisi kesehatan secara berkala, enyahkan asap rokok, rajin aktivitas fisik dengan gerakan olahraga, diet yang sehat dengan kalori seimbang, cukup sayuran dan buah, rendah gula, lemak dan garam. Selain itu, istirahat yang cukup dan kendalikan stress,” ungkapnya kepada Kolaka Pos kemarin.

Ia mengungkapkan, penyuluhan ini sudah berlangsung satu minggu disetiap Puskesmas agar bisa mengetahui tanda awal serangan stroke. “Penyakit stroke adalah suatu gangguan fungsi otak yang terjadi secara mendadak tidak hanya menyerang pada orang tua, stroke dapat menyerang di usia dini yakni 18 hingga 45 tahun, dan mari kita sama sama mengetahui atau mengenali serangan awal stroke secara cepat, dimana stroke menjadi penyebab kematian sebesar 2,5 persen dari 15,4 persen .

Untuk mengetahui gejala penyakit stroke dapat dilihat di wajah, lengah, bicara, waktu. “Untuk mengenali gelaja stroke, minta keluarga atau teman memperhatikan senyum di wajah apakah tampak semetris atau tidak. mintalah orang yang di curigai mengalami stroke untuk tersenyum, perhatikan apakah wajahnya tampak simetris apa tidak. Di lengan, mintalah orang yang dicurigai mengalami stroke untuk mengangkat kedua tangannya kedepan dan menahannya untuk beberapa detik, apakah mampu mengangkat satu lengannya saja? bila ia dapat mengangkat kedua lenganya apakah salah satu lengan terlihat turun. Bicara mintalah orang yang di curigai mengalami stroke untuk mengulang beberapa kalimat, apakah mampu berbicara jelas dan terdengar pelo atau cadel, akan lebih jelas jika yang di ucapkan mengandung banyak konsonan huruf R seperti, Ular melingkar-lingkar di atas pagar. Waktu, setiap detik sangatlah berharga jadi , bila ditemukan salah satu gejala di atas, segera hubungi atau bawa pasien ke unit gawat darurat(UGD) rumah sakit terdekat yang memiliki fasilitas penanganan stroke terpadu. Dengan perincian diatas tentang pengenalan sejak dini gejala stroke kami dapat mengurangi resiko kematian dan cacat pada penderita stroke di kolaka,” tandasnya. (m1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top