Pemda Bantu 50 Unit Hand Traktor Untuk Petani – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Pemda Bantu 50 Unit Hand Traktor Untuk Petani

Net/Ilustrasi Petani sedang memperbaiki hand traktornya

KOLAKA POS, KOLAKA – Menunjang perkembangan pertanian, Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka kembali akan menggelontorkan bantuan kepada petani. Rencananya tahun ini, Pemda Kolaka akan kembali memberikan bantuan 50 unit hand traktor dengan cara subsidi kepada petani.

“Yah bantuan ini diberikan melalui Anggaran Pendapan Belanja Daerah (APBD) Kolaka. Pemda Kolaka melalui Dinas Pertanian akan memberikan bantuan subsidi sebesar Rp10 juta setiap hand traktor, nanti sisanya yang Rp15 juta akan dibayar oleh petani,” Ujar Kepala Dinas Pertanian,Peternakan dan Holtikultura Kolaka H.Muh. Azikin.

Kepada Kolaka Pos Azikin mengatakan harga traktor yang dibagiakan kepada petani di Kolaka itu sekitar Rp25 juta dan pemerintah daerah membayarkan yang Rp 10 juta.”Sisanya yang Rp15 juta akan di angsur oleh petani dengan pembayaran sistem siklus tanam selama empat kali bayar kepada Bank. Saya kira program seperti ini membuat petani kita tidak manjadi manja mengenai bantuan, kalau semuanya kami yang bayar khawatir nantinya bantuan tersebut akan dijual dan ditakutkan petani tidak ada rasa memilikinya,” tambahnya.

Azikin juga mengatakan, untuk tahap pertama Pemda Kolaka akan menyalurkan sebanyak 50 unit traktor. Sebab, hingga saat ini memang petani masih kekurangan hand traktor apalagi tahun 2015 lalu Kolaka mendapat bantuan percetakan sawah yang dikelola oleh TNI. “Kalau luas sawahnya bertambah, pasti alat mesin pertanian seperti traktor pasti akan kurang. Namua dinas pertanian selalu berusaha untuk meminta bantuan dari kementrian pertanian mengenai Alat mesin pertanian. Tahun lalu kami juga mendapatkan 46 unit traktor dari dana APBN. Kalau tahun ini kami belum tau apakah akan dapat atau tidak,” ujarnya.

Program 100 traktor bupati Kolaka dan Wakil Bupati pertahun kepada kelompok tani di Kolaka akan dipenuhi.”Masyarakat atau kelompok tani yang belum mendapatkan bantuan untuk bersabar.Pasalnya saat ini keuangan Kolaka sedang kurang baik, saya juga menghimbau kepada penerima bantuan untuk bisa menjaga dan memelihara agar bisa digunakan jangka pangang,” tandasnya. (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top