Syahbandar : Cuaca Teluk Bone Masih Normal – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Syahbandar : Cuaca Teluk Bone Masih Normal

KOLAKA POS, KOLAKA – Kepala Syahbandar Kolaka, Junaedi mengatakan, sampai saat ini cuaca yang berada di teluk Bone masih bersahabat dan aman untuk melakukan pelayaran. “Kalau saat ini Cuaca masih tergolong aman untuk pelayaran kapal feri, maupun nelayan yang akan mencari ikan. Namun walaupun aman kami masih melakukan kontrol terhadap cuaca,” ungkapnya kepada Kolaka Pos kemarin.

Junaidi menjelaskan. dalam pantuan prakiraan cuaca meteorologi saat ini ketinggian gelombang di teluk Bone hanya 0,5 hingga 0,8 meter sedangkan kecepatan angin 5-18 knot . “Namun itu hanya prediksi semantara, segala sesuatunya bisa berubah. Olehnya itu kami disini selalu melukan kordinasi, jika sewatu -waktu cuara berubah sehingga bisa menghubungi kapten kapal untuk tidak melakukan pelayaran. Kalau ketinggian gelombang 4 sampai 5 meter itu bahaya dan kami tidak akan mengizinkan kapal untuk berlayar, ” katanya

Ia mengakui ombak teluk bone memang dikenal sangat ganas olehnya itu Sahbandar selalu melakukan koordinasi, sudah banyak korban jiwa akibat kecelakaan kapal terutama masyarakat Kolaka dan sekitarnya. “Musibah memang tidak bisa di hindari, namun dengan beberapa kapal yang tenggelam itu bisa menjadi pelajaran untuk semua pihak. Kita harus selalu taat aturan dan harus bisa belajar tanda-tanda lautan, begitu juga dengan pengusaha kapal untuk tidak mengangkut penumpang yang berlebihan,” katanya (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top