Pemkab Diminta Beri Insentif Tambahan Damkar – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Pemkab Diminta Beri Insentif Tambahan Damkar

Petugas Damkar saat memadamkan api.FOTO : Ahmad/Kolaka Pos

KOLAKA POS, RAHA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna diminta agar memperhatikan nasib personel Pemadam Kebakaran (Damkar). Pasalnya, petugas yang menangani kebakaran hanya mendapatkan uang makan.

Komandan Damkar Pemda Muna La Ode Riktamin mengatakan, Pemkab Muna harus lebih peduli terhadap petugas Damkar dengan memberikan insentif tambahan. Sebab, selama ini yang diterima hanya uang makan.
“Hanya uang makan yang mereka terima, sementara insentif lemburnya tidak dibayar. Harapan saya kedepan, semua petugas pemadam kebakaran adalah PNS, supaya jaminan kesehatan dan keselamatannya ditanggung oleh pemerintah,” ujarnya.

Lanjutnya, sesuai dengan slogan pantang pulang sebelum padam merupakan semangat anggotanya saat berada di barisan terdepan untuk menangani kebakaran. Bahkan, untuk memaksimal kenerja anggotanya, Ia memberlakukan wajib siaga 24 jam bagi seluruh personilnya. “Tugas kami adalah bila ada kebakaran harus dipadamkan,” tegasnya.

Lebih jauh Riktamin mengatakan, saat ini lingkup kerja UPTD Damkar melayani seluruh kecamatan di Kabupaten Muna. Olehnya itu, Ia menilai bahwa sudah saatnya pemda membentuk posko Damkar ditiap wilayah. “Mengingat jaraknya yang sangat berjauhan dari posko induk damkar yang ada di Raha, ini sangat tidak memungkinkan dijangkau personil yang ada jika terjadi kebakaran di wilayah seberang atau kecamatan lain. Jadi, sudah saatnya terbentuk posko Damkar ditiap wilayah,” tandasnya. (m1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top