Kadis Pertanian Konsel Dilengser – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

Kadis Pertanian Konsel Dilengser

KOLAKA POS, ANDOOLO – Rendahnya penyerapan anggaran di Dinas Pertanian dan Peternakan kabupaten Konawe Selatan (Konsel), membuat Bupati Konsel Surunuddin Dangga geram. Pasalnya, sudah memasuki triwulan kedua penyerapan anggaran di Dinas tersebut baru mencapai dua persen.

Padahal normalnya penyerapan anggaran seharusnya sudah mencapai 40 persen. Hal tersebut tentu mempengaruhi jalannya roda perekonomian. Alhasil, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Konsel Ari Sismanto, dilengser dari jabatannya oleh Bupati Konsel.

“Ada hal mendasar sehingga jabatan Kadis kita copot, kemudian jabatan tersebut dipegang oleh sekertaris dinas pertanian. Sebagai pelaksana tugas kepala dinas, hal itu disebabkan rendahnya penyerapan anggaran yang berjumlah Rp29 miliar,” ungkap Surunuddin.

Menurutnya, Dinas Pertanian ini harus tahu, anggaran sebesar itu untuk kepentingan rakyat semua, kenapa tidak dijalankan? Selain itu, pencopotan tersebut dikarenakan adanya teguran dari pusat.

“Kami sudah mengundang Kadis Pertanian dan Peternakan, untuk mencari solusi atas permasalahan yang ada, sehingga penyerapan anggaran dapat berjalan normal, namun hal itu rupanya tidak diindahkan. Inikan berarti pembangkangan terhadap pimpinan,” kesalnya.

Surunuddin menambahkan, untuk melakukan percepatan penyerapan dana di Dinas Pertanian, maka setiap bidang yang berada di instansi tersebut, itu akan terus dievaluasi.

Sementara itu, pelaksana tugas Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Konsel, Yuliana mengungkapkan, pencopotan itu telah dilaksanakan sejak 31 Mei lalu dalam rapat evaluasi seluruh SKPD di rumah jabatan bupati Konsel. Sedangkan SK penunjukkan pelaksana itu sejak 1 Juni lalu. (k5)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top