RS Konsel Peningkatan Status Surunuddin: Masyarakat Konsel Tidak Perlu Jauh-Jauh Berobat – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

RS Konsel Peningkatan Status Surunuddin: Masyarakat Konsel Tidak Perlu Jauh-Jauh Berobat

KOLAKA POS, ANDOOLO – Rumah Sakit (RS) kabupaten Konawe Selatan (Konsel) yang dulunya tipe D, kini berubah menjadi tipe C. Hal tersebut dikarenakan terpenuhinya beberapa kriteria, mulai dari sarana prasarana hingga pelayanan.
Peningkatan tipe C tersebut dimulai sejak 1 Juni 2016 berdasarkan keputusan Bupati Konsel, bernomor 445/846 tahun 2016 tentang perpanjangan izin operasional dan penetapan status kelas C BLUD RS Konsel.
Bupati Konsel Surunuddin Dangga mengatakan, peningkatan status tersebut dalam rangka meningkatkan jaminan mutu, keamanan pelayanan kesehatan, pemerataan pelayanan dan efisiensi pelayanan khususnya di Konsel.
“Dengan peningkatan tersebut, maka tenaga medis yang ada di rumah sakit kabupaten juga, akan semakin bertambah sehingga pelayanan semakin maksimal,” jelasnya.
Pembangunan sarana dan prasarana, serta penambahan alat kesehatan juga akan dilakukan. Sebab, hal itu seiring dengan meningkatnya pelayanan terhadap masyarakat yang melakukan pengobatan di BLUD RS Konsel.
“Sarana prasarana yang ada itu selalu penuh, sehingga sarana prasana kesehatan akan lebih kita tingkatkan lagi. Selain itu dokter spesialis, minimal dalam RS Konsel kita tempatkan enam orang, dokter umum minimal lima orang serta dokter gigi dan lainnya,” bebernya.
Terkait anggaran, lanjut Surunuddin, tentunya akan disesuaikan namun saat ini pihaknya belum bisa memastikan jumlah anggaran tersebut.
“Kita berharap dengan meningkatnya ke tipe C, masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh untuk menikmati pelayanan kesehatan karena telah disiapkan secara maksimal oleh RS Konsel,” harapnya.
Sementara itu, Direktur BLUD RS Konsel, Boni Lambang Pramana menuturkan, penetapan peningkatan tipe C itu telah dilakukan oleh bupati Konsel, setelah mendapatkan rekomendasi dari Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten.
“Dengan tipe C secara otomatis standar-standar tentu sudah terpenuhi,” katanya.
Untuk itu, tahun ini pihaknya melakukan peningkatan sarana dan prasarana yang dibutuhkan, sehingga semakin memenuhi standar tipe C, termasuk pengadaan alat kesehatan. (k5)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top