Pedagang di PRM Diminta Jaga Kebersihan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Pedagang di PRM Diminta Jaga Kebersihan

KOLAKA POS, KOLAKA – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kolaka bersama DPD KNPI Kolaka, Dinas Pendapatan dan Badan Lingkungan Hidup dan Kebersihan kabupaten Kolaka, mengadakan lomba “Kebersihan dan Taat Retribusi” bagi Pedagang Kaki Lima (PKL), di lingkup Pasar Raya Mekongga (PRM) dengan slogan PKL Bisa, Jumat (3/6).

Kajari Kolaka Jafferdian menjelaskan, kegiatan yang dinamai PKL Bisa, diharapkan PKL yang ada di PRM bisa segalanya. “Ya bisa sehat, bersih, teratur, tertib, anti kriminal, bisa jadi pelopor segala macam, taat aturan dan taat retribusi. Makanya kita namakan PKL Bisa,” ungkapnya usai penyerahan hadiah lomba kebersihan dan taat retribusi.

Dia mengatakan, lomba kebersihan dan Taat retribusi sengaja dilaksanakan jelang bulan suci ramadhan, dengan harapan bahwa ketika masyarakat kabupaten Kolaka datang berbelanja di PRM, bisa merasa nyaman dan tenang. “Kalau merasa nyaman dan tenang karena bersih, masyarakat tentunya ingin berlama-lama di pasar. Dengan harapan pedagang bisa dapat rejeki yang lebih dibanding dengan yang sebelumnya,” ujarnya.

Menurut Jafferdian, dengan kegiatan tersebut, penarikan retribusi di PRM bisa lebih maksimal, sehingga pendapatan asli daerah Kolaka bisa meningkat. “Kegiatan ini mungkin skalanya kecil, tapi kita berharap Pemda bisa membuat even yang lebih besar lagi, kaitanya dengan kebersihan dan retribusi pasar yang ada di Kolaka, sehingga hasil juga lebih maksimal,” terangnya.

Sementara itu, wakil bupati Kolaka Muhammad Jayadin meminta kepada seluruh warga PRM, untuk terus menjaga dan memelihara kebersihan pasar Kolaka. “Jadi tidak hanya pada penilaian ini kita menjaga kebersihan, tapi sepanjang kita berjuang dan mencari hidup di pasar mari kita jaga dan pelihara kebersihan,” ungkapnya saat memeberi sambutan.

Kebersihan PRM Kolaka kata dia, jangan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah saja, tapi mari menjadikan kebersihan sebagai kewajiban bersama. “Saya kira kalau ini bisa berjalan sama-sama, apa yang kita harapkan kabupaten ini yang maju dan bersih, tidak hanya di pasar tapi semua lingkungan kita harapkan bersih, apalagi mnejelang datangnya bulan suci ramadhan, kebersihan itu sangat penting bagi kita semua. Mari kita jadikan momentum ini sebagai awal untuk menumbuhkan jiwa dan rasa cinta kebersihan dilingkungan msaing-masing,” tandasnya. (cr1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top