BI Siap Menyambut Ramadhan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

KOTA KENDARI

BI Siap Menyambut Ramadhan

Pihak KPw BI Sultra Saat Menggelar Jumpa Pers Jumat (3/4).FOTO : Asbar KoP

KOLAKA POS, KENDARI – Menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri 1437 Hijriah, Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) telah menyiapkan berbagai antisipasi terkait inflasi, pemenuhan kebutuhan uang dan penyelenggaraan bazar ramadhan.

Menurut Kepal Perwakilan BI Sultra, Dian Nugraha seperti yang diketahui bersama Inflasi Kota Kendari pada bulan mei 2016 sebesar 0,15% (mtm) dan kota Baubau sebesar 1,44% (mtm). dan secara umum inflasi di Sultra sebesar 3,86 % (yoy). yang didorong adanya kenaikan harga pada beberapa komiditas.

“Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini KPw BI Sultra akan menyelenggarakan kegiatan bazaar kuliner ramadhan yang menawarkan aneka makanan, tentunya ini juga salah satu bagian untuk mencegah inflasi,” ujarnya

Selain itu kata dia guna mencegah kenaikan inflasi yang besar, pihaknya juga bersama instansi terkait melakukan pemantauan pemantauan pasar untuk memantau kenaikan harga.

“Sejalan dengan upaya pemerintah pusat, untuk mengantisipasi kenaikan harga yang biasanya terjadi pada ramadhan dan idul fitri, BI dan TPID akan melakukan beberapa upaya diantaranya pemantauan pasar untuk memonitor pergerakan harga dan kecukupan stok kebutuhan pokok,” jelasnya.

Kemudian lanjut dia memastikan kecukupan stok beras pada Badan Urusan Logistik (Bulog) dan memperlancar arus distribusi barang dengan berkoordinasi bersama otoritas terkait.

“Upaya lain juga dengan menyelenggarakan pasar murah bekerja sama dengan distributor yang bertujuan untuk menjaga daya beli masyarakat dan mencegah terjadinya spekulasi harga oleh pedagang,” ujarnya.

Diinfokan kegiatan bazaar tersebut akan berlangsung selama 25 hari dan mengikutsertakan sekitar 30 pelaku UMKM di Kota Kendari, yang lokasinya bertempat di depan kantor KPw BI Sultra. (k1/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top