RPJMD Konsel Segera Direalisasikan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

RPJMD Konsel Segera Direalisasikan

KOLAKA POS, ANDOOLO – Pemerintah Daerah (Pemda) Konsel melalui badan perencanaan dan pembangunan daerah (Bappeda) Konsel, bersama sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Konsel, menggelar Musrembang rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) yang berlangsung di aula Bappeda Konsel, Kamis (2/6).
Bupati Konsel Surunuddin Dangga mengungkapkan, penyusunan RPJMD tersebut nantinya akan menjadi patron untuk menentukan arah pembangunan Konsel selama lima tahun kedepan.
“Sehingga mekanisme perencanaan dan pembangunan daerah dapat berjalan lancar, terpadu, sinkron dan bersinergi sesuai dengan kondisi dan karakteristik Konsel,” ungkapnya.
Dalam penyususnan RPJMD Konsel ini, lanjut dia, dalam rangka mewujudkan kondisi sosial dan ekonomi yang lebih baik.
“Tentu harus melalui pendekatan berbasis kawasan perdesaan sehingga melalui intervensi ini, diharapkan menjadi desa maju Konsel hebat,” ungkap Surunuddin yang didampingi wakilnya Arsalim.
Dikatakannya, dengan demikian juga dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.
“Sehingga mampu mandiri, memiliki keterampilan dan pengetahuan untuk menghadapi persaingan pasar global,” tegasnya.
Sementara itu, Kepala Bappeda Konsel Adiwarsyah Toar mengungkapkan, kegiatan tersebut merupakan pembahasan awal untuk penetapan visi dan misi RPJMD Konsel selama lima tahun kedepan.
“Jadi sebelum ditetapkan, perlu kita bahas bersama menyangkut penetapan visi misi Konsel kedepan. Jadi jika ada saran dan kritikan melalui forum ini bisa diclearkan (diselesaikan, red),” ungkapnya.
Selanjutnya kata Adiwarsyah, penyusunan RPJMD tersebut dilakukan dengan berpedoman dokumen RPJM nasional. Tentu berdasarkan amanat undang-undang nomor 25 tahun 2004, tentang sistem perencanaan pembangunan nasional.
“Penyusunan RPJMD pada dasarnya merupakan penjabaran lebih kongkrit dari visi misi dan program kerja kepala daerah terpilih. Tentu harus sesuai dengan keinginan dan aspirasi masyarakat Konsel,” katanya.
Bupati Konsel berharap, penetapan RPJMD Konsel ini agar secepatnya direalisasikan.
“Insya Allah bulan Juli. Kenapa harus dipercepat, supaya pembangunan kita selama lima tahun kedepan jelas arahnya,” tutupnya. (k5)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top