Peringati Hari Pancasila, Kodim 1412 Kolaka Gelar Sosialisasi – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Peringati Hari Pancasila, Kodim 1412 Kolaka Gelar Sosialisasi

Dandim 1412 Kolaka saat memberikan pemahaman tentang nilai luhur pancasila kepada mahasiswa.FOTO : Muzakkir/Kolaka Pos

KOLAKA POS, KOLAKA – 1 Juni diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila, melalui momen tersebut, Kodim 1412 Kolaka memperingatinya dengan menyambangi sekolah hingga kampus, yang ada di Kolaka, Rabu (1/6).

Dandim 1412 Kolaka Letkol CZI Cosmas MD menjelaskan, momen hari lahirnya Pancasila kali ini diisi dengan mendatangi sekolah mulai dari tingkat SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi. “Kami dari unsur TNI yang ada di Kodim 1412 Kolaka, masuk ke sekolah-sekolah untuk mengingatkan kembali nilai-nilai luhur pancasila, penghayatan dan pengamalannya, jadi kami kerahkan para Babinsa untuk mensosialisasikan nilai luhur pancasila mulai dari SD, SMP dan SMA hingga di tingkat kampus,” ungkapnya.

Mensosialisasikan nilai luhur pancasila kata dia, bukan berarti mengambil alih tugas tenaga pengajar di sekolah, tapi sebagai bentuk kepedulian prajurit TNI AD untuk mengajarkan nilai luhur tersebut. “Kami juga mengajak Pemda, Polisi hingga Kejaksaan untuk membantu mengajarkan nilai luhur pancasila kepada generasi penerus kita, mereka juga akan turun dan membantu mengajarkan nilai lihur tersebut,” ujarnya.

Hal itu dilakukan, mengingat generasi penerus bangsa saat ini mulai tergerus dan jauh dari nilai-nilai pancasila, hal tersebut terlihat banyaknya tindak pidana yang dilakukan anak dibawah umur. “Bagaimana tindak kejahatan yang dilakukan anak dibawah umur, yang sebelumnya tidak pernah terfikir oleh kita bahwa hal itu akan dilakukan anak belasan tahun, tapi kenyataannya sekarang hal itu seolah biasa saja,” terangnya.

Melalui pengajaran nilai luhur pancasila, karakter dan cita-cita bangsa yang berkiblat pada Pancasila tidak dilupakan oleh generasi muda. “Olehnya itu, sosialisasi seperti ini merupakan tanggung jawab kita bersama, TNI hanya memulai dan kita mengajak kepada seluruh stake holder, untuk mengajarkan nilai luhur pancasila,” jelasnya.

Dia berharap, semoga generasi muda Kolaka, tidak lepas dari koridor Pancasila sebagai landasan bernegara. “Kita lihat sendiri bahwa di kampus ini, mahasiswanya juga rindu dengan materi tentang Pancasila, artinya dibutuhkan hal atau langkah untuk mengingatkan generasi kita,” tandasnya. (cr1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top