Danrem Pimpin Penutupan TMMD di Muna Barat – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Danrem Pimpin Penutupan TMMD di Muna Barat

Suasana upacara penutupan TMMD ke 96 di Muna Barat.FOTO : Ahmad/Kolaka Pos

KOLAKA POS, RAHA – Danrem 143 Haluoleo Kolonel Czi Rido Hermawan, memimpin langsung pelaksanaan upacara penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 96 di lapangan sepak bola desa Mekar Jaya, Kecamatan Tiworo Tengah, Kabupaten Muna Barat. Dimana pelaksanaan TMMD itu sudah berlangsung selama 30 hari dan berakhir Rabu (1/6).

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) selaku penanggung jawab operasional TMMD, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Danrem 143 Haluoleo Kolonel Czi Rido Hermawan selaku inspektur upacara, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak dan elemen masyarakat yang telah membantu secara moril dan materiil, sehingga kegiatan TMMD ke-96 itu dapat terselenggara dengan aman dan lancar sesuai dengan perencanaan.

“Sebagaimana kita ketahui, bahwa program TNI Manunggal Membangun Desa telah dimulai sejak tahun 1980-an dengan sebutan program ABRI Masuk Desa (AMD). Setelah melalui berbagai evaluasi dan penyempurnaan, program TMMD yang telah berlangsung selama lebih kurang 35 tahun ini, telah nyata-nyata semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” jelas Kolonel CZI Rido Hermawan.

Ia menambahkan, program TMMD masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Karena sebagian besar wilayah Indonesia merupakan daerah pedesaan, sehingga keterlibatan TNI dalam ikut membangun sarana prasarana dan infrastruktur wilayah masih sangat relevan.

“Selanjutnya, apabila dalam pelaksanaan TMMD ke-96 ini, terdapat tutur kata dan tingkah laku para prajurit saya, yang tidak berkenan dihati masyarakat, baik disengaja maupun tidak, saya menyampaikan permohonan maaf,” ujarnya.

Pantauan Kolaka Pos Rabu (1/6) pagi itu, selain dihadiri oleh Danrem 143 Haluoleo Kolonel Czi Rido Hermawan, yang didampingi Dandim 1416 Muna Letkol Arh Hendra Gunawan, dalam kegiatan penyelenggaraan upacara penutupan TMMD ke 96 di Muna Barat itu, juga turut dihadiri oleh para Kasi dan Pasi Korem 143 Haluoleo, Pj Bupati Muna Barat LM. Rajiun Tumada, Sekda Muna Nursin Pamone, Ketua DPRD Muna Barat La ode Koso, Kepala Kejaksaan Negeri Raha, jajaran SKPD Muna Barat serta elemen masyarakat Muna Barat.

Adapun hasil sasaran kegiatan TMMD yang dimulai sejak Selasa (3/5) hingga Rabu (1/6), yakni berupa kegiatan fisik dan non disik. Pasalnya, kegiatan tersebut menyelimuti pembangunan Masjid di Desa Langku-Langku kecamatan Tiworo Tengah, pembuatan drainase di kelurahan Waumere kecamatan Tikep, pembuatan jalan usaha tani di desa Sidomakmur kecamatan Tikep, penyuluhan KB, penyuluhan pertanian, penyuluhan kantibmas hingga penyuluhan pertanahan. Bahkan ada juga kegiatan tambahan yaitu pembagian sembako kepada warga tidak mampu. (m1/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top