Peringati Hari Kelahiran Pancasila Dandim Muna Beri Pemahaman Pancasila di Lima Sekolah – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Peringati Hari Kelahiran Pancasila Dandim Muna Beri Pemahaman Pancasila di Lima Sekolah

Puluhan siswa serius mendengarkan penjabaran ilmu Pancasila dan empat pilar bangsa dari Dandim 1416 Muna Letkol Arh Hendra Gunawan.FOTO : Ahmad/Kolaka Pos

KOLAKA POS,
RAHA-Dandim 1416 Muna Letkol Arh Hendra Gunawan, memiliki cara tersendiri dalam memperingati hari kelahiran pancasila ke 71 yang jatuh tepat hari ini (1/6), dengan memberikan pemahaman pancasila dan empat pilar kebangsaan di lima sekolah yang ada di Muna, yakni SMKN 1 Raha, SMKN 2 Raha, SMAN 1 Raha, SMAN 2 Raha dan SMAN 3 Raha.
Letkol Arh Hendra Gunawan memaparkan, kegiatan tersebut merupakan perintah yang diturunkan dalam bentuk surat perintah (SP) dari Pangdam VII/Wirabuana Mayor Jenderal TNI Agus Surya Bakti melalui Danrem 143/Halu Oleo, Kolonel Czi Rido Hermawan.
“Siswa siswi (lima, red) SMA ini adalah generasi penerus bangsa kita. Ibarat kata, mereka bibit emrio yang akan membuat pohon bangsa ini tumbuh di suatu saat nanti,” ucap Letkol Arh Hendra Gunawan pada awak media ini, Selasa (31/5).
Lanjut pria tegap lulusan Airborne Force Rusia ini, pemberian ilmu pendidikan Pancasila bukan hanya sebatas teori dan pelajaran. Melainkan, pemahaman Pancasila merupakan wujud nyata yang harus dihayati di dalam hati dan diresapi, agar dapat dicerna dengan akal pikiran dan dapat dimanifestasikan dalam kehidupan sehari-hari.
“Baik tumbuhnya pohon itu tergantung bagaimana bibitnya itu ditanam. Jadi bagaimana, bibit-bibit generasi muda ini mereka mempunyai suatu nilai-nilai filosofis tentang kepemahaman Pancasila di dalam kehidupannya,” katanya.
Olehnya itu, eks Paspamres ini berharap dengan kegiatan yang mereka gelar tersebut, generasi muda bangsa Indonesia khususnya pemuda tanah Sowite, semakin paham terhadap ideologi bangsa Indonesia dan rasa cinta para pemuda itu terhadap NKRI semakin kuat.
“Sehingga, manakala ini tercermin dalam kehidupan mereka, diharapkan suatu saat Indonesia jauh lebih maju karena memiliki bibit-bibit yang berkarakter,” tandasnya. (m1/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top