Kodim Dapat Bantuan Hibah dari Mentan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Kodim Dapat Bantuan Hibah dari Mentan

KOLAKA POS,
KOLAKA-Komando Distrik Militer 1412 Kolaka mendapat bantuan hibah dari kementerian pertanian. Bantuan berupa alat mesin pertanian (alsintan) datang langsung di Mako kodim Kolaka. “Yah kami mendapatkan bantuan Alsintan 2016, untuk saat ini yang ada adalah Traktor roda dua dengan jumlah 89 unit. Bantuan itu untuk tiga kabupaten Kolaka, Kolaka Utara dan Kolaka. ” Ujar Dandim 1412 Kolaka Letkol Czi Cosmas Manukallo Danga kepada Kolaka Pos Kemarin (26/5)

Lanjut Cosmas bantuan kementerian pertanian ini meruapakan hibah kepada Kodim Kolaka, yang akan menggunakan alat ini adalah Brigade tanam.Walaupun saat ini kodim di percayakan sebagai pengelola Alsintan namun kodim pasti akan berkordinasi dengan pemerintah daerah.”Alat ini tidak akan kami bagikan ke petani, namuan alat ini sistemnya adalah sewa perhektar degan harga 800 ribu perhektar,” tambahnya.

Lanjut ia mengatakan saat ini di Kolaka petani menyewa traktor kepada pengusaha Rp1 juta hingga Rp1,3 Juta perhektar, kemungkinan karena mahalnya sewa alsintan membuat menteri pertanian melibatkan TNI untuk mengelola Alsinta. “Kalau traktor kami harga sewany pasti lebih murah Rp800 ribu perhektar rincianya adalah untuk pembelian bbm,perawatan , mobilisasi dari kodim ke sawah dan untuk operator Rp200 ribu per hektar. Operator bukan dari TNI namun masyrakat sipil,” tambahnya

Cosmas mengharapkan dengan adanya bantuan alat pertanian di harapkan bisa membantu petani dalam pengolahan sawah.”Saya himbau kepada masyrakat, jika ingin menggunakan alat pertanian bisa menghubungi Babinsa desanya, nanti alat akan datang dan di harapkan jangan jangan hanya satu petak lah kasihan kita lah. Kalau ada oknum TNI yang meminta biaya sewa alat pertanian lebih dari Rp800 ribu, laporkan kepada saya pasti akan saya mutasi,” tambah Damdim(hud/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top