Kehadiran Internet Pengaruhi Pengunjung Perpustakaan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

KOTA KENDARI

Kehadiran Internet Pengaruhi Pengunjung Perpustakaan

KOLAKA POS,
KENDARI-Melihat perkembangan zaman, tak terpungkiri lagi bahwa kemajuan teknologi berdampak terhadap pengunjung perpustakaan di Sulawesi Tenggara yang setiap tahunya cenderung bervariatif kadang naik, juga sering turun.

Kepala badan perpustakaan daerah, La Ongke menuturkan bahwasanya perpustakaan Sultra secara umum dari tahun ke tahun pengunjung yang datang meminjam dan membaca buku cenderung naik turun. Hal ini dipengaruhi oleh kemajuan teknologi yang semakin canggih, dimana kecepatan internet membantu bagi siapa pun dalam memperoleh pengetahuan atau materi yang ingin dibaca dengan cepat.

” Di sisi lain kemajuan teknologi itu pun telah membantu meningkatkan minat baca masyarakat,” ujarnya saat ditemui kemarin (25/5) diruanganya.
Dikatakan, untuk 2015 lalu, kata dia persentase pengunjung di lembaga yang dipimpinnya itu mengalami kenaikan, mesti tidak menyebut persentase berapa kenaikan pengunjung tersebut.
Menurut dia, mayoritas pengunjung didominasi dari kalangan mahasiswa, karena mereka memiliki tugas kampus. Mungkin di internet tidak bisa semua didapatkan sehingga butuh juga buku.
Ditanya trik untuk menjaga buku agar bisa dikembalikan oleh peminjam, La Ongke mengatakan, untuk menjaga kemungkinan agar para pengunjung yang meminjam buku dapat dikembalikan, pihaknya juga telah menjalin kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi. Ini hanya untuk mudahnya mendeteksi pengunjung yang di dominasi dari kalangan mahasiswa. (P1/b/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top